Searching...

Popular Posts

Senin, 27 Januari 2014

Smartphone Masa Depan Ditenagai Gula?

03.55
Baterai adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah perangkat mobile. Bagaimana tidak, tanpa baterai yang mumpuni, nampaknya akan sia-sia memiliki perangkat dengan fitur canggih.


Karena itu, teknologi baterai terus berkembang agar mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, seiring dengan perkembangan baterai para produsen smartphone dan tablet terus menanamkan fitur-fitur baru yang tentunya menuntut konsumsi baterai lebih besar.

Para peneliti pun tak berhenti berusaha menciptakan baterai dengan sumber tenaga yang berbeda baik sebagai alternatif maupun pengganti, misalnya gula. Ya, gula! Inovasi ini diumumkan oleh para peneliti dari Virgia Tech university. Menurut mereka, baterai tenaga gula bisa menggantikan baterai konvensional yang selama ini dibenamkan pada smartphone dan tablet.

Baterai tersebut menggunakan reaksi kimia dari molekul yang ditemukan di gula untuk menghasilkan energi listrik. Meski karya Virginia Tech saat ini masih dalam tahap pengembangan, prototipe awal yang mereka buat telah berhasil menghasilkan kepadatan energi yang lebih tinggi.


Menarik untuk menantikan bagaimana sebuah smartphone atau tablet di masa depan menggunakan gula sebagai sumber tenaga. Bayangkan saat dimana Anda hanya perlu menambahkan gula untuk mengisi ulang baterai. Virginia Tech sendiri memprediksi bahwa setidaknya butuh tiga tahun dari sekarang untuk bisa mewujudkannya. Semoga bermanfaat, terimakash dan salam persahabatan :)

sumber

0 komentar:

Posting Komentar