Searching...

Popular Posts

Jumat, 24 Januari 2014

Korsel Galang Investasi US$ 1,5 Miliar untuk 5G

21.48

Pemerintah Korsel (Korea Selatan) kian mantap untuk mengkomersialisasikan jaringan mobile 5G pada 2020 mendatang. Pihaknya kini sedang mengupayakan investasi sebanyak US$ 1,5 miliar, atau setara dengan Rp 18 triliun, guna mengembangkan standar teknologi 5G.

Kementerian Ilmu, ICT, dan Perencanaan Masa Depan (MSIP) Korea Selatan mengatakan sedang mencari dukungan dana tambahan dari tiga operator seluler terkemuka di negaranya dan perusahaan peralatan telekomunikasi. Mereka juga nantinya akan terlibat langsung, bersama pemerintah, mengembangkan teknologi jaringan mobile tersebut. Targetnya, pada 2017, uji coba jaringan 5G sudah bisa dilaksanakan.

Standar teknologi 5G tersebut nantinya mampu menawarkan kecepatan 1.000 kali lipat lebih tinggi dibandingkan 4G LTE yang masih sebatas 75Mbps ataupun 4G LTE-A sebesar 150Mbps. Standar kecepatan 5G Korea Selatan pun dikabarkan lebih tinggi dari yang dijanjikan Huawei sebelumnya yang hanya 10 kali lebih cepat dari 4G LTE.

“Teknologi 5G akan menjadi 1.000 kali lipat lebih cepat dari generasi keempat teknologi komunikasi mobile LTE saat ini. Ini diharapkan akan tersedia secara komersial pada 2020 mendatang,” tulis pihak kementerian tersebut dalam di siaran persnya.

Kementerian hanya ingin mendorong teknologi telekomunikasi yang sudah ada di negaranya menjadi lebih maju lagi dibanding negara lainnya. Mereka pun mulai berpikir tentang apa yang bisa mereka lakukan guna menghadirkan internet super cepat bagi penduduknya, di luar jangkauan 4G LTE maupun 4G LTE-A saat ini. “Pengetahuan tentang komunikasi mobile 5G.. akan menciptakan dampak ekonomi yang besar seperti yang diharapkan.” ujar Menteri MSIP, Choi Mun-kee. Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar