Searching...

Popular Posts

Selasa, 28 Januari 2014

Samsung dan Google akan Segera Menjadi “Frienemies”

00.29
Samsung Electronics dan Google diprediksikan tak lama lagi akan segera menjadi “Frienemies”, yakni di satu sisi masih menjadi mitra, namun di sisi lainnya menjadi musuh. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, Samsung bersiap secara perlahan meninggalkan ketergantungannya terhadap Android dengan memperkenalkan OS mobile terbaru hasil pengembangannya, Tizen, dan platform OS mobile lainnya.


Seorang pejabat Samsung, dilansir dari Korea Times, mengatakan pihaknya akan mengadakan sebuah forum pengembang untuk mempromosikan smartphone Tizen yang akan segera diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress (WMC) di Barcelona, Spanyol pada 23 Februari mendatang.

Pihaknya bersama Tizen Association juga menjalin kerja sama dengan berbagai operator seluler terkemuka guna memasarkan smartphone berbasis Tizen tersebut. Operator seluler yang digaet Samsung termasuk Sprint dari Amerika Serikat serta Orange dan Vodafone dari Inggris. Bahkan, raksasa chip dunia, Intel, dikabarkan juga turut bergabung. “Komitmen ini untuk menumbuhkan aliansi Tizen sehingga akan membuat Google merasa tidak nyaman.” kata Han Jung-woo, seorang CEO dari pengembang lokal di Seoul.


Bukan hanya Tizen saja, diversifikasi bisnis mobile Samsung juga akan datang bersama Microsoft. Menurut seorang sumber industri, perusahaan tersebut berencana akan merilis “super Samsung-Microsoft phone” yang menggunakan platform Windows pada tahun ini. Yang cukup unik ialah, Microsoft ternyata lebih tertarik terhadap Samsung, ketimbang rival senegaranya, LG Electronics. Seperti diketahui, LG beberapa kali terlibat langsung bersama Google menghadirkan smartphone Nexus.


“Microsoft dan Samsung memiliki kemitraan yang menarik. Mirosoft tidak peduli untuk bergerak bersama LG Electronics karena LG tampaknya bukan klien penting Microsoft. Namun Samsung berbeda. Microsoft bermitra dengan Samsung untuk proyek-proyek ponsel terbaru yang menggunakan platform Microsoft, yakni Windows,” kata sumber tersebut.

Meski demikian, sulit dipungkiri, berkat Android lah Samsung menjadi vendor smartphone nomor satu di dunia. Pangsa pasarnya di seluruh dunia telah menyentuh angka hampir 40 persen. Hasil tersebut berada cukup jauh di depan Apple di posisi kedua dengan pangsa kurang dari 20 persen. Terlepas dari itu semua, Samsung tampaknya akan bertaruh besar terhadap Tizen, apakah bakal mengakhiri eranya Android atau sebaliknya.Semoga bermanfaat, terimakaisih dan salam persahabatan :)

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar