Searching...

Popular Posts

Senin, 27 Januari 2014

Microsoft Amankan Sistem dengan Windows XP

00.06
Walaupun dukungan resmi untuk Windows XP akan berakhir di bulan April mendatang, Microsoft tampaknya masih sedikit menaruh perhatian pada sistem operasi lawas tersebut dengan memperpanjang dukungan paket keamanan mereka. Beberapa waktu lalu, pihak Microsoft sendiri sudah menegaskan mereka akan tetap memperhatikan masalah keamanan di Windows XP. Kini, Microsoft menyebutkan bawah solusi keamanan Windows XP tersebut adalah Malicious Software Removal Tools (MSRT).


Berbeda dengan anti malware yang berfungsi untuk mencegah masuknya malware ke sistem, MSRT yang disiapkan Microsoft ini berfungsi untuk menghapus malware dari dalam sistem. Hal ini bisa jadi jalan tengah yang akan melindungi para pengguna Windows XP serta Microsoft sendiri karena tool tersebut akan bisa membersihkan sistem dari malware yang mungkin saja masuk melalui celah yang sudah tidak lagi bisa ditutup Microsoft setelah diakhirinya dukungan update untuk Windows XP.

Bagi Microsoft sendiri, MSRT ini juga berpotensi menjadi tameng bagi mereka sendiri terkait masalah keamanan. Banyak pihak yang memprediksikan pembuat malware akan memanfaatkan Windows XP yang ada di suatu jaringan untuk menginfeksi berbagai perangkat lain di jaringan yang menggunakan sistem operasi yang lebih baru, seperti Windows 7 atau Windows 8. Melalui tool tersebut, Microsoft tentu saja bisa melindungi pengguna sistem operasi keluaran mereka setelah Windows XP dengan membantu menanggulangi malware di sistem operasi lawas tersebut.

MSRT sendiri akan diupdate secara rutin setiap bulan setidaknya hingga 14 Juli 2015 mendatang atau sekitar 15 bulan setelah dukungan resmi dihentikan. Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar