Searching...

Popular Posts

Senin, 27 Januari 2014

Shadow of Mordor Dituduh Meniru Assassin’s Creed

00.27


Lahir dari beragam genre dan judul, semesta yang dibangun J.R.R Tolkien memang telah melahirkan begitu banyak produk berkualitas di industri hiburan, baik dari film maupun video game. Siapa yang mengira, bahwa 60 tahun sejak novel pertamanya dirilis, saga itu terus berlanjut, bahkan mendapatkan perhatian khusus di pasar gaming next-gen. Kehadiran proyek terbaru Monolith Software – Middle-earth: Shadow of Mordor seolah menjadi bukti yang paling valid. Setelah sempat menjadi misteri, Shadow of Mordor akhirnya memperlihatkan wujud gameplay perdana yang terlihat luar biasa, tetapi juga familiar di saat yang sama. Sangat familiar, hingga ia dituduh meniru mekanik franchise andalan Ubisoft – Assassin’s Creed.

Tidak main-main, “tuduhan” yang satu ini dilontarkan oleh Charles Randall, salah satu mantan pegawai Ubisoft yang sempat menangani dua seri pertama Assassin’s Creed. Lewat akun Twitter-nya, Randall merasa bahwa Shadow of Mordor menggunakan kode dan aset dari Assassin’s Creed 2. Hal ini menurutnya kentara, dari animasi gerakan sang karakter utama – Talion, apalagi ketika bergerak di seutas tali, mirip dengan gerakan Ezio yang ikonik. Randall juga menegaskan bahwa ia mengerjakan proyek animasi AC II selama dua tahun, jadi dia sangat yakin bahwa animasi tersebut juga digunakan di Shadow of Mordor.

Menanggapi tuduhan yang satu ini, Michael de Plater – design director Shadow of Mordor akhirnya angkat bicara. Plater menyebut bahwa yang di benak Monolith saat ini hanyalah menciptakan sebuah game third-person, open-world, action adventure yang kemudian diwujudkan dalam game yang satu ini. Lalu mereka berusaha menyempurnakannya dengan elemen stealth dan sistem battle yang ada. Plater menegaskan bahwa mereka sama sekali tidak secara sadar berusaha membuat Shadow of Mordor sebagai Assassin’s Creed versi middle-earth.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah trailer 8 menit gameplay awal Shadow of Mordor memang terlihat meniru gameplay Assassin’s Creed?
Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar