Searching...

Popular Posts

Minggu, 26 Januari 2014

Inggris Berhasil Uji Kecepatan Broadband 1.4 Tbps

08.27

Inggris dilaporkan sudah berhasil menguji coba layanan internet tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 1,4 terabit per detik. Dengan kecepatan segitu, sebanyak 44 film berkualitas HD dapat diunduh hanya dalam waktu satu detik saja.

Uji coba tersebut dilakukan oleh dua perusahaan telekomunikasi ternama di Inggris, yakni Alcatel-Lucent dan BT Tower. Mereka melakukan pengujian dengan cara mengirim data dengan jarak 410 kilometer di wilayah Inggris Timur. Hasilnya, kecepatan internet yang mereka dapatkan mencapai 1,4 terabit per detik.

Sebagai perbandingan, 1.024 megabit setara dengan dengan satu gigabit. Sementara satu terabit setara dengan 1.024 gigabit data. Hasil uji coba ini bisa dikatakan sebagai internet yang diuji tersebut sebagai yang tercepat di dunia yang pernah diuji oleh perusahaan telekomunikasi. Saat ini, kecepatan internet maksimal di Inggris baru mencapai 120 megabit per detik. Kecepatan yang dipakai Google saja dalam mengirim data mereka baru sekitar 1.000 megabit per detik.

Terobosan ini cukup penting karena tanpa mesti meningkatkan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang memakan biaya mahal. “BT dan Acatel-Lucent membuat sesuatu yang lebih baik dari yang mereka miliki sekarang. Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan kapasitas tanpa mesti menghabiskan dana dalam jumlah besar,” kata Oliver Joohnson, pengamat internet dari Point Topic, dikutip dari BBC.

Alcatel-Lucent mengatakan, permintaan bandwidth yang lebih cepat telah tumbuh sekitar 35 persen setiap tahunnya. Sehingga, kebutuhan tersebut mendesak operator telekomunikasi agar merealisasikannya dengan cara seefisien mungkin. Terlebih, di Inggris mulai populer kebiasaan streaming video berkualitas full HD melalui Netflix.

Uji coba ini juga merupakan suatu terobosan nyata menggunakan teknologi yang banyak digunakan operator seluler saat ini, yakni melalui kabel fiber optik. Pasalnya, selama ini kecepatan data di atas satu terabit per detik melalui kabel fiber optik masih dianggap hal yang mustahil. Pada 2011 silam, uji coba internet tercepat pernah berhasil dilakukan Karlsruhe Institute of Technology Jerman dan tembus 24 terabit per detik, tetapi uji coba tersebut menggunakan teknologi laser.

Semoga bermanfaat, jangan lupa terus ikuti artikel2 menarik dari saya... baca jg artikel2 lain nya hanya disini. terima kasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar