Searching...

Popular Posts

Jumat, 24 Januari 2014

Intel Perkenalkan RealSense Komputer Bisa Memiliki Indera Seperti Manusia

00.02
Bila selama ini manusia harus belajar beberapa gerakan atau gesture khusus untuk berkomunikasi dengan perangkat komputer, kini perangkat komputer bisa belajar untuk berkomunikasi dengan lebih natural dengan penggunanya. Intel, bersama dengan beberapa perusahaan partner mereka, memperkenalkan RealSense, set fitur dari hardware dan software yang memungkinkan komputer untuk memiliki indera yang mirip dengan manusia.

Salah satu bagian dari RealSense tersebut adalah penglihatan 3D yang bisa diimplementasikan di berbagai perangkat dengan prosesor Intel. Sebuah kamera 1080p dengan sensor kedalaman memungkinkan komputer bisa melihat dengan kedalaman penglihatan seperti yang dimiliki manusia. Implementasi teknologi tersebut bisa membuat perangkat komputer mengenali objek dengan lebih baik, misalnya menangkap objek dengan benar dalam suatu video conference atau mengenali gesture penggunanya dengan baik.


  
Selain itu, penglihatan 3D tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan pemindaian terhadap suatu objek 3D dengan benar. Intel sendiri, di sesi keynote speech CES 2014, mendemokan beberapa hal terkait pemanfaatan RealSense tersebut di prototype tablet yang menggunakan prosesor Intel terbaru. Perangkat tersebut bisa memindai objek 3D dengan dimensi yang menyerupai aslinya. Selain itu, fitur tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan pemetaan terhadap suatu custom sandbox terrain dengan tingkat pengenalan ketinggian terrain yang cukup akurat.


Intel sendiri mengharapkan di tahun 2014 ini perangkat 2-in-1, all-in-one PC, laptop, serta tablet yang menggunakan teknologi RealSense ini sudah dapat ditemui di pasaran. Hal itu diamini oleh beberapa partner mereka yang menyatakan siap memperkenalkan perangkat dengan dukungan RealSense, terutama untuk penglihatan 3D, di paruh kedua tahun 2014 ini, yaitu Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo dan NEC.

Tidak hanya indera penglihatan, Intel juga memperkenalkan perbaikan dari indera pendengaran yang dimiliki perangkat-perangkat berbasis prosesor Intel melalui aplikasi Dragon Assistant dari Nuance. Versi baru dari aplikasi tersebut memiliki kemampuan pengenalan suara dan mengerti berbagai perintah suara serta dialog percakapan yang sudah cukup mutakhir. Dragon Assistant ini bisa ditemui di berbagai perangkat buatan Acer, Dell, HP dan Lenovo serta akan tersedia di perangkat buatan Asus dan Toshiba dalam waktu dekat.

Terkait RealSense ini, Intel sendiri mendapatkan dukungan dari berbagai berbagai pihak untuk terus mengembangkan teknologi tersebut. Selain beberapa perusahaan partner mereka yang disebutkan di atas, mereka juga mendapatkan dukungan dari Scholastic, DreamWorks, dan 3D Systems.
Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar