Searching...

Popular Posts

Rabu, 29 Januari 2014

Hacker Susupi FileZilla dengan Malware

09.23
Aplikasi FTP File Manager populer, FileZilla, ternyata dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan malware buatan mereka. Mereka melakukan modifikasi pada kode aplikasi open source tersebut dan mengedarkan versi berbahaya tersebut untuk menjebak korbannya. Menurut kabar yang beredar, FileZilla yang telah dimodifikasi tersebut bisa mencuri data login dan password dari FTP Server yang digunakan korbannya.




Kabar terkait digunakannya FileZilla untuk tindak cybercrime tersebut dibenarkan langsung oleh organisasi yang mengelola aplikasi open source tersebut. Aplikasi FileZilla hasil modifikasi disebut sudah menyebar melalui beberapa jalur dan memiliki interface, icon, dan kegunaan yang sama dengan versi asli. Hanya saja, versi modifikasi tersebut telah disusupi malware yang bisa mencatat data login pengguna dan mengirimkannya ke suatu alamat tertentu.

Terkait FileZilla hasil modifikasi yang beredar, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang keamanan komputer, Avast, menyebutkan bahwa mereka memang telah mendeteksi adanya ancaman keamanan tersebut. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, data-data yang dikumpulkan oleh FileZilla yang telah dimodifikasi tersebut dikirimkan oleh aplikasi ke server yang terletak di Jerman. Server tersebut menurut data yang ada memang sering menjadi sumber dari spam dan beberapa kali juga dikaitkan dengan aktivitas malware di Internet.

Bagi FileZilla, pihak organisasi yang menaunginya memang sulit untuk mencegah hal tersebut terjadi karena dasar open source yang memang digunakan oleh FileZilla. Mereka menghimbau pengguna FileZilla agar mendownload aplikasi tersebut melalui situs resmi mereka untuk menghindari didapatkannya versi modifikasi yang berbahaya tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar