Searching...

Popular Posts

Rabu, 12 Februari 2014

Trojan Terbaru di Mac Bisa Mencuri Bitcoin Pengguna Bitcoin

05.00

Bitcoin merupakan alat tukar elektronik yang sedang naik daun, bahkan kontroversial. Salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin, selain lewat perdagangan dan/atau pertukaran, adalah dengan cara “menambang”. Menambang di sini adalah memecahkan enkripsi untuk mendapatkan sebuah bitcoin dengan menggunakan kekuatan proses komputasi.

Bila Anda seorang “penambang” bitcoin berhati-hatilah, sebuah malware berjenis trojan terbaru siap mencuri bitcoin hasil tambang Anda khususnya pengguna sistem operasi OS X di Mac.

Trojan ini pertama kali ditemukan oleh website SecureMac pada hari Minggu kemarin, trojan ini mengincar pengguna Mac OS X dan memata-matai aktivitas web Anda untuk mencuri Bitcoin. Berikut cara kerjanya:

“Dengan menyamar sebagai aplikasi untuk mengirim dan mendapatkan pembayaran Bitcoin, OSX/CoinThief.A ubu bekerja di belakang dan menginstall extension browser yang akan memonitor trafik browsing pengguna, untuk merekam login pengguna khususnya di website-website Bitcoin, seperti MtGox dan BTC-e, juga website-website dompet Bitcoin seperti blockchain.info. Ketika data login teridentifikasi, seperti misalnya saat pengguna login untuk melihat daftar bitcoin merekam nakan malware akan menyimpan informasi login tersebut dan mengirimnya ke sebuah server milik pembuat malware.”

Beberapa pengguna dikabarkan telah mengalami kerugian hingga 12 ribu dollar AS dalam bentuk Bitcoin akibat serangan malware ini. Dan sayangnya, trojan ini menginstal extension secara kasat mata terutama untuk browser Safari dan Google Chrome tanpa memberi informasi jelas.


Salah satu cara untuk mengidentifikasi Trojan ini adalah dengan mencari extension dengan nama “Pop Up Blocker” yang memiliki deskripsi seperti “Blocks pop-up windows and other annoyances.”. Ekstension ini sebenarnya bisa saja mencuri bitcoin Anda, berhati-hatilah.

0 komentar:

Posting Komentar