Searching...

Popular Posts

Jumat, 14 Februari 2014

Masalah Software Paksa Toyota Tarik Jutaan Mobil Prius

21.00
Sebuah bug pada software yang digunakan di ECU mobil hybrid andalan Toyota, Prius, akhirnya memaksa raksasa otomotif asal Jepang tersebut untuk menarik jutaan unit mobil tersebut. Bug yang ditemukan tersebut disebut bisa menimbulkan kerusakan pada transistor yang ada di dalam ECU dan menyebabkan mobil kehilangan tenaga. Untungnya, bug tersebut ditemukan sebelum ada kecelakaan yang melibatkan Toyota Prius yang disebabkan oleh hal tersebut.


Menurut informasi dari Toyota, software yang kini ada di Toyota Prius dapat menyebabkan transistor dalam ECU mobil mengalami overheat yang berpotensi pada rusaknya perangkat tersebut. Efek samping dari kerusakan tersebut antara lain bisa mengakibatkan mobil beroperasi pada failsafe mode yang pastinya akan mempengaruhi kemampuan dari keseluruhan mobil. Untuk kejadian yang lebih parah, ada kemungkinan mesin hybrid mobil tersebut akan mengalami total shutdown yang membuat mobil kehilangan tenaga secara mendadak.

Terkait bug tersebut, Toyota disebut telah menarik 1.9 juta mobil Prius di berbagai wilayah untuk mengaplikasikan perbaikan bug tersebut. Tidak kurang dari 700 ribu Prius di Amerika Serikat, 997 ribu di Jepang, 130 ribu di Eropa, dan sisanya di berbagai negara lain yang telah mendapat panggilan dari Toyota. Namun, pihak Toyota sendiri tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

Untungnya, bagi pemilik Prius, Toyota tidak membebankan biaya perbaikan atas bug software ini. semoga bermanfaat, terimakasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar