Searching...

Popular Posts

Jumat, 14 Februari 2014

Google Siapkan Koneksi Internet 10 Gigabit

23.53

Google menargetkan untuk menyediakan kecepatan transfer data hingga 1000 kali lebih cepat dibanding rata-rata koneksi internet yang ada sekarang ini. Rencana Google ini akan mendobrak semua teknologi koneksi sebelumnya dan bila sukses, bisa membawa perubahan signifikan dari penggunaan internet yang fundamental.

Google sedang dalam pengembanga teknologi untuk menyediakan kecepatan transfer data hingga 10 gigabit per detik, atau 10 kali lebih cepat dari koneksi yang disediakan Google lewat layanan internet berkecepatan tinggi, Google Fiber, di Kansas. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh media USA Today lewat sumber seorang eksekutif Google. Kecepatan ini kurang lebih 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan rata-rata kecepatan koneksi di AS yaitu 7.2 megabit per detik (mbps).

Proyek ini adalah bagian dari visi Google untuk generasi baru Internet, yang memungkinkan koneksi yang lebih stabil untuk aplikasi-aplikasi yang butuh data intensif dan juga meningkatkan adopsi yang lebih besar untuk layanan Software-as-a-Service (SaaS), ujar CFO Google Patrick Pichette pada sebuah konferensi Goldman Sachs Technology and Internet.

“Itulah di mana dunia akan berjalan,” ujar Pichetted. Teknologi ini mungkin akan berjalan dalam kurun waktu 10 tahun, namun “Kenapa kita tidak bisa membuatnya dalam jangka waktu 3 tahun saja? Itulah yang sedang kami kerjakan. Tidak perlu menunggu lama-lama,” tambahnya.


Sebenarnya, hari-hari ini pengguna awam tidak memerlukan koneksi besar seperti 1Gbps atau bahkan 100 Mbps pun masih terbilang besar, namun dengan tren teknologi seperti streaming audio dan video, cloud, video chat, games multiplayer yang semakin populer membuat kebutuhan akan adanya kecepatan yang tinggi semakin besar pula. Semoga bermanfaat, terimakasih dan salam persahabatan :)

0 komentar:

Posting Komentar